ENAM STRATEGI MENGELOLA STRESS

1. Menghindari Stress yang Tidak Perlu
Tidak semua stress dapat dihindari, dan tidak sehat juga kalau kita harus menghindari hal-hal yang memang harus kita tanggapi. Namun ternyata banyak sekali penyebab stress yang sebenarnya bisa kita hindari. Berikut adalah trik-trik untuk menghindari:
a. Belajarlah untuk mengatakan tidak
Pahami keterbatasan-keterbatasan anda. Menerima tanggung jawab diluar kemampuan anda dapat menimbulkan stress. Jadi mengatakan tidak untuk hal-hal di luar kemampuan anda dapat menghindari munculnya stress.

b. Hindarilah orang-orang yang menyebabkan kamu stress
Jika dalam relasi anda, ada orang yang selalu membuat kamu stress, batasi kemungkinan-kemungkinan anda bertemu dengan orang tersebut atau putuskan hubungan dengan orang tersebut.

c. Kendalikanlah lingkungan anda
Jika acara-acara televisi tertentu membuat anda gelisah, matikan TV pada jam tanyang acara tersebut. Jika anda stress ketika menghadapi macet, hindari jalan macet, cari jalan lain yang tidak macet, meskipun lebih jauh. Jika anda tidak suka dengan belanja di pasar, berbelanjalah secara online.

d. Hindari topik-topik pembicaraan yang memacu stress anda
Jika anda bingung dengan masalah-masalah agama atau politik hindarilah membicarakan hal-hal tersebut. Jika ada hal-hal yang dengan mudah menyinggung perasaan anda dan membuat anda stress hindarilah untuk membicarakan hal-hal tersebut.

e. Buatlah prioritas hal-hal yang akan anda lakukan
Analisa jadwal anda, tanggung jawab anda, dan tugas-tugas harian anda. Jika ada banyak hal yang harus anda lakukan bedakan mana yang harus dilakukan dan mana yang hendaknya dilakukan. Letakkan hal-hal yang tidak perlu di urutan paling bawah atau kalau bisa dihilangkan saja.

2. Mengubah Situasi
Jika anda tidak dapat menghindari situasi yang membuat anda stress, cobalah untuk mengubahnya. Pikirkanlah apa yang dapat anda lakukan sehingga masalah tidak muncul di waktu selanjutnya. Kadang ini akan berkaitan dengan perubahan cara anda berkomunikasi dan beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari anda.
a. Jangan memendam perasaan anda, ekspresikanlah!
Jika ada seseorang atau sesuatu menggangu perasaan anda katakanlah apa yang kamu alami secara baik-baik dan terbuka. Jika anda tidak menyuarakan perasaan anda dendam akan muncul situasinya akan tetap sama.
b. Mau melakukan kompromi
Ketika anda meminta seseorang untuk perilakunya, hendaknya anda juga melakukan hal yang sama. Jika masing-masing mau melakukan perubahan maka akan ditemukan titik temu yang membahagiakan dua-duanya.

c. Jadilah lebih asertif
Jadilah orang yang terdepan dalam hidup anda, Hadapilah masalah-masalah dengan segera. Lakukan yang terbaik untuk mengantisipasi dan menghindari masalah-masalah tersebut. Jika besok aka nada ujian dan sekarang ini anda sedang belajar, katakanlah bahwa anda hanya punya waktu 5 menit untuk berbicara.

d. Kelola waktu anda sebaik-baiknya
Pengelolaan waktu yang kurang baik dapat menyebabkan banyak stress. Jika anda mengerjakan pekerjaan anda di akhir-akhir dalam waktu yang singkat, susah bagi anda untuk tenang dan focus. Tapi jika anda merancang aktivitas anda, yakinlah bahwa anda akandapat mengerjakan aktivitas anda tanpa mengalami stress yang berarti.

3. Menyesuaikan Diri dengan Hal yang Menyebabkan Stress
Jika anda tidak dapat mengubah ha-hal yang membuat anda stress, ubahlah diri anda.Kamu dapat beradaptasi dengan dengan situasi yang membuat stress dengan cara mengubah harapan dan sikap anda.
a. Mengubah cara pandang terhadap masalah
Cobalah untuk memandang hal-hal yang membuat stress dari sudut pandang yang lebih positif. Daripada mengeluhkan tentang kemacetan, padanglah itu sebagai kesempatan untuk mendengarkan radio favorit anda, kesempatan anda untuk istirahat, atau kesempatan anda untuk menyendiri.

b. Melihat pentingnya hal-hal yang membuat kita stress untuk kesuksesan kita di masa yang akan datang..
Cobalah untuk melihat hal-hal yang membuat nda stress. Apa pentingnya bagi kesuksesan dan kebahagiaan anda di masa yang akan datang. Apa pentingnya dalam hidup anda.

c. Sesuaikan standar anda
Keinginan untuk selalu sempurna adalah sumber utama stress. Berhentilah untuk menuntut kesempurnaan diri anda. Tetapkan standar yang rasional untuk diri anda dan orang lain dan lbelajarlah untuk mengatakan OK bila anda mendapatkan hasil “ Cukup Baik”.

d. Fokus pada hal-hal yang positif
Ketika stress membuat kamu tidak berdaya, coba ambil waktu sejenak untuk melihat seluruh hal-hal yang anda hargai dalam hidup anda, termasuk semua kualitas, kemampuan dan anugerah-anugerah yang baik.

4. Menerima Hal-hal Yang Tidak Dapat Diubah
Beberaoa hal yang menyebabkan stress kadang tidak terhidarkan dan tidak dapat diubah, seperti kematian orang yang dicintai, penyakit-penyakit berat, resesi nasional. Dalam hal seperti ini hal yang terbaik adalah menerima apa adanya. Penerimaan mungkin sulit tetapi akan lebih mudah daripada harus melawan sesuatu yang tidak dapat diubah.

5. Sediakan waktu untuk senang senang dan relaksasi
Selain bersikap positif terhadap stress, kita juga dapat mengurangi stress dengan cara merawat diri. Jika anda secara rutin menyediakan waktu untuk relaksasi dan kesenangan anda, anda akan lebih mudah menghadapi stress anda. Merawat diri bukan kemewahan tetapi merupakan keperluan.
a. Sediakan waktu untuk relaksasi
Sediakan waktu untuk istirahat dan relaksasi dalam keseharian anda. Jangan biarkan orang lain mengganggu anda karena ini adalah waktu anda untuk mberhenti dari semua tanggung jawb anda dan waktu untuk menecas batere anda.

b. Bergaul dengan orang lain
Meluangkan waktu untuk orang-orang yang bisa mendorong kemajuan hidup anda. Dukungan yang kuat akan menghindarkan anda dari dampak negative stress.

c. Lakukan sesuatu yang menyenangkan setiap hari
Sediakan waktu untuk melakukan hal-hal yang anda senangi. Bisa main piano, jalan-jalan atau yang lainnya.

d. Jagalah rasa humor anda
Pikirkan hal-hal yang lucu, lihatlah hal yang lucu-lucu termasuk dalam diri anda dan tertawalah. Aktivitas tertawa bisa mengurangi stress anda.

6. Lakukan pola hidup yang sehat

a. Olah raga secara teratur
Aktifitas fisik memegang peran penting dalam mengurangi dan menghindari effek dari stress.
b. Makan makanan sehat
Badan yang kuat dan sehat adalah modal yang paling penting dalam menghadapi stress. Untuk itu harus berhati-hati dengan apa yang kita makan. Mulailah hari anda dengan sarapan. Jagalah stamina dan kejernihan pikiran anda dengan makanan-makanan yang bergisi dan berimbang.
c. Mengurangi caffeine dan gula
Caffein dan gula akan memacu mood dan energy anda. Dengan mengurangi kopi, soft drink, coklat dan gula kamu akan merasa lebih rilek dan dapat tidur lebih nyenyak.
d. Hindari alkhohol, rokok daan obat-obatan
Mengkonsumsi alkhohol dan obat-obatan bisa menghilangkan stress anda tetapi sifatnya sementara. Jangan menghidar dari masalah dengan mengkonsumsi hal-hal tersebut. Lihat masalahnya dan selesaikan dengan pikiran jernih.
e. Tidur cukup
Tidur yang cukup merupakan energy bagi pikiran anda. Perasaan capek akan meningkatkan stress anda karena anda tidak bisa berpikir rasional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s